Analisis SWOT pada Usaha Warteg Gunadarma

Label:

Tugas Dasar Pemasaran
Analisis SWOT pada Usaha Warteg Gunadarma


Nama Kelompok :
1. Johan Christian ( 23211840 )
2. Julio Risma ( 28211694 )
3. Arbi Budiantoro ( 21211038 )
Kelas : 1Eb17


     1. Pendahuluan
Makan adalah suatu kebutuhan wajib bagi setiap orang yang harus terpenuhi hukumnya.Termasuk para kalangan mahasiswa yang mengandalkan rumah makan atau istilah keren nya “warteg” untuk mengisi perut mereka.Di lingkungan kampus pun terdapat berbagai macam penjual makanan ataupun rumah makan.dari yang sederhana hingga yang mumpuni atau mewah.
Oleh sebab itu, guna memenuhi tugas Dasar Pemasaran yaitu menganalisa beberapa aspek yang berkaitan dengan Kekuatan,Kekurangan,Peluang,dan Ancaman. Kelompok kami sepakat untuk meliput usaha Warteg yang berada persis di depan kampus Gunadarma Kalimalang

     2.Pembahasan
    Warteg ini adalah warteg pertama yang berdiri di kawasan kampus gunadarma karena berdirinya berbarengan dengan kampus Gunadarma itu sendiri pada tahun ± 2004. Nama pemilik warteg ini adalah bapak Soeparto yang dibantu 2 orang anaknya yang bertugas sebagai pramusaji dan istrinya yang bertugas menjadi juru masak,omzet perharinya mencapai 900rb/hari, modal 600rb/hari dan uang sewa tempat 750rb/bulan dan uang keamanan 15rb/perbulan, menu yang ditawarkan pun beragam dan sudah pasti murah meriah.


  Ø Menunya makanan :
         - Nasi
         - Telor dadar,telor ceplok,dan telor bulat
         - Sayur sop
         - Sayur bayam
         - Ayam goreng
         - Sambel goreng kentang
         - Tempe orek
         - Gorengan ( tempe,tahu,bakwan )
         - Kikil
         - Ikan teri
         - Kerang balado
         - Mie goreng atau mie rebus
       
  Ø Menu minuman :
         - Es teh manis dan tawar
         - Air es
         - Es jeruk
         - Soda susu
         - Kopi susu dan kopi hitam
         - Kukubima energi
         - Temulawak


Kekuatan
· Harganya bersahabat dengan kantong mahasiswa alias sangat terjangkau
· Letaknya yang strategis berada persis di depan kampus Gunadarma Kalimalang
· Dilengkapi dengan full music dan televisi
· Menu makanan yang bervariatif dan berotasi setiap harinya
· Buka mulai jam 8 pagi
· Tutupnya nya hingga jam 7 malam
· Tidak ada kompetitor atau pesaing di wilayah nya
· Tidak perlu karyawan karna warteg ini usaha keluarga

Kekurangan
· Tempatnya relatif kecil,sehingga pada jam makan siang sering penuh sesak
· Bangku dan meja sangat kurang mengingat terbatasnya tempat
· Tidak adanya meja kasir, sehingga sering berebut yang mau bayar
· Tempatnya kurang sejuk atau masih panas
· Tidak ada kipas
· Dekorasinya kurang menarik
· Banyak corat-coret di tembok
· Toilet hanya satu sehingga harus bergantian memakainya
Peluang
· Apabila harganya masih terus terjangkau dan rasa warteg nya tetap enak memungkinkan usaha ini terus berjalan
· Masih tersedianya tempat kosong di sebelahnya memungkinkan untuk melebarkan tempat agar lebih luas
· Selama gunadarma masih berdiri pelanggan akan terus berdatangan

Ancaman
· Pohon tumbang, karna banyak pohon di sekitar tempat tersebut
· Penggusuran lahan, karna lahan milik perintah
· Banjir, karna posisinya persis di depan kalimalang
· Kompetitor, karna sampai saat ini tidak ada pesaing lain

     3.Kesimpulan Analisis
Menurut hasil pengamatan yang telah kami lakukan, prospek bisnis warteg atau rumah makan di sekitaran kampus, memang sangat menjanjikan karna tidak pernah kehabisan pelanggan,namun itu semua harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai serta harga yang tetap terjangkau agar pelanggan setia tidak berpindah ke warung makan lain dan akhirnya konsumen puas dan produsen pun senang.


screenshoot TKP :

Suasana di warteg Gunadarma saat jam makan siang

Dilengkapi dengan full music and televisi

0 komentar:

Posting Komentar